Calon Mahasiswa Papua : Bingung Mau Ambil Jurusaan Apa ? Ini Jawabannya

Ilustrasi - Google
Para pelajar yang telah mengikuti ujian akhir pada bulan maret lalu, baru saja mendengarkan hasil ujian nasional dan saatnya menempuh jenjang pendidikan selanjutnya dibangku kuliah. Tentunya sudah ada angan-angan untuk melanjutkan pendidikan di universitas mana dan jurusan apa entah itu berasal dari keinginan semata, karena dorongan oleh orang tua, teman, pacar ataukah karena kesadaran akan kebutuhan masa depan pribadi, keluarga dan rakyat Papua. 

Hal ini tidak bisa dipastikan secara jelas oleh karena itu dalam artikel kali ini akan diulas menurut pendapat pribadi sebagai bahan masukan kepada kawan-kawan yang sudah menuju bangku kuliah.

Realitas kehidupan di Papua

Kebutuhan akan pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok dalam meningkan kapasitas dan kemampuan intelektual dan membentuk karakter yang baik namun, penting untuk harus memahami realitas agar dapat menentukan pilihan yang tepat untuk kelanjutkan kuliah di universitas mana dan jurusan apa kemudian akan jadi apa nantinya disuatu waktu.

Papua memiliki potensi secara ekonomis dimana Papua memiliki sumber daya alam yang berlimpa, seperti emas, minyak bumi, hasil hutan, laut serta berbagai objek wisata. Selain itu Papua juga merupakan wilayah yang bersengketa politik kemudian melahirkan berbagai penembakan, penculikan, penangkapan, pemerkosaan dan lain sebagainya. selain itu di Papua pun terjadi berbagai kesenjangan sosial dimana rakyat Papua tidak diberikan kesehatan yang layak, pemerataan secara ekonomis dan pembagunan secara merata.

Dengan demikian kita sekalian terutama kawan-kawan yang baru saja mau melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi harus mampu untuk melihat dan memahami realitas dinamika kehidupan dimaksud agar kita mampu menjadi orang yang benar-benar menjadi sebuah solusi atas persoalan-persoalan yang dihadapi oleh rakyat atau sering disebut sebagai agen perubahan nantinya.

Jurusan Apa saja yang di Butuhkan 

Atas realita dimana rakyat Papua tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dengan demikian dianjurka untuk para calon mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan dengan beberapa jurusan sebagai berikut :

1. Bidang Kesehatan

Dimana rakyat Papua selalu mendapatkan pelayanan kesehatan yang kurang baik, diberikan dosis obat yang tidak sesuai hingga, dengan sengaja melakukan pembunuhan secara sengaja oleh pihak rumah sakit dengan demikian kawan-kawan calon mahasiswa baru dihapkan untuk mengambil jurusan seperti, dokter umum atau spesialis tertentu, sebagai bidan, farmasi dan perawat. 

Dengan mengabil jurusan ini kita dapat menjadi solusi atas persoalan kesehatan yang selalu dihadapi oleh rakyat Papua dengan lansung mengambil bagian atau melayani rakyat Papua sendiri. 

2. Jurusan Ekonomi

Selain persoalan kesehatan rakyat Papua pun mengalami kesenjangan secara ekonomi yang diakibatkan karena, kurangnya kemampuan atau kreativitas untuk membangun sebuah tatanan ekonomi rakyat secara mandiri agar dapat mampu bersaing secara ekonomi. 

Dengan demikian dianjurkan untuk para calon mahasiswa baru dapat mengambil jurusan, seperti jurusan ekonomi pembangunan, ekonomi akuntansi dan lainnya.

3. Jurusan Pertanian dan Peternakan

Selain itu juga Papua memiliki lahan pertanian yang luas dan juga potensi untuk beternak yang secara secara ekonomis membangkitkan ekonomi rakyat yang mandiri.

4. Jurusan Hukum

Dimana di Papua selalu terjadi berbagai ketidak adilan sehingga, membutuhkan orang-orang yang dapat menjadi menjadi pembelah rakyat dengan menjadi para penegak hukum, pengacara atau advokad.

5. Jurusan Pendidikan

Dengan melihat kenyataan dimana terdapat rakyat Papua mengalami sebuah kesenjangan dan berbagai dalam bidang pendidikan dengan demikian saat di butuhkan tenaga-tenaga pendidikan agar di kemudian hari dapat penjadi pendidik-pendidik profesional bagi rakyat Papua serta mampu melahirkan sebuah sistem pendidikan berbasis rakyat Papua sendiri terutama pendidikan bahasa inggris, matematika dan sains.

6. Jurusan Antropologi

Dengan adanya perkembangan era globalisasi dewasa ini mengakibatkan nilai-nilai atau corak kebudayaan orang asli Papua dan segalah latar belakang sejarah semakin terkikis oleh karena, itu membutuhkan orang yang menekuni bidang ini. 

7. Jurusan Sains (Kimia, Fisika, Biologi, IT(Jaringan))

Yang berikutnya adalah jurusan sains. Jurusan ini adalah jurusan yang sangat langkah sedangkan di Papua sangat membutuhkan orang yang menekuni bidang sains. Dimana Papua memiliki berbagai potensi bahan mineral (Emas, tembaga, uranium, minyak bumi dll.) selain itu memiliki berbagai tanaman-tanaman herbal yang bermanfaat secara biologis.

Walaupun terdapat banyak jurusan akan tetapi berdasarkan realita akan kebutuhan rakyat Papua menurut pengamatan dan kesimpulan pribadi untuk saat ini rakyat Papua membutuhkan beberapa jurusan sebagaimana yang diulas diatas. 

Jurusan-jurusan yang diulas diatas bertujuan untuk bagaimana kita mempersiapkan diri secara bersama membangun sebuah kemandirian rakyat secara merata diberbagai bidang khususnya di Papua tanpa ada ketergantungan terhadap pemerintah atau pihak lain di suatu waktu kelak.

Demikian, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita sekalian terutama para calon mahasiswa baru. 

Tidak ada komentar:

Silahkan memberikan saran, kritik dan harapan yang membangun, terima kasih

Diberdayakan oleh Blogger.